ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA HELM YANG TIDAK SESUAI SNI
Downloads
Mengurangi dampak cidera kepala yang dialami oleh pengendara roda dua saat terjadi kecelakaan, pemerintah mengeluarkan regulasi untuk pelaku industri yang memproduksi helm yang harus memenuhi Standar Nasional Indonesia. Regulasi tersebut berupa Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 86 tahun 2009 yang selanjutnya dirobah ke nomor 24 tahun 2013 dan terjadi perubahan lagi ke nomor 55 tahun 2013 Tentang Standar Nasional Indonesia. Tentunya ini terkait dengan produsen yang memproduksi helm yang memenuhi Standar Nasional Indonesia dan terkait terhadap perlindungan konsumen sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Agnes, M. Toar, Tanggung Jawab Produk dan Sejarah Perkembangannya di Beberapa Negara, Makalah Penataran Hukum Perikatan, Ujung Pandang, 1989,
Ahmadi Miru, Sutarman Yodo, Hukum Perlindungan Konsumen, PT Raja Grafindo, Jakarta, 2004.
Az. Nasution, Hukum perlindungan Konsumen; Suatu Pengantar, Diadit Media, Jakarta, 2006.
_______, Hukum Perlindungan Konsumen Suatu Pengantar, Diadit Media, Jakarta: 2007.
Badan Standardisasi Nasional, Standardisasi Dalam Presfektif Ilmu, Industri dan Perdagangan, Jakarta, 2000,
Bagus Hanindyo Mantri, Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi E-Commerce, Universitas Diponegoro, Semarang, 2007.
Bambang Purwanggono, et al., Pengantar Standardisasi, Edisi Pertama Badan Standardisasi Nasional, Jakarta, 2009,
Bernard L. Tanya, Yoan N. Simanjuntak, Markus Y. Hage, Teori Hukum Strategi Tertib Manusia Lintas Ruang dan Generasi, Genta, Publishing, Yogyakarta, 2010,
Rahma Ramly Arsari, Kekuatan Hukum Putusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (Bpsk) Dalam Penegakan Hukum Perlindungan Konsumen. Universitas Diponegoro, Semarang, 2015.
Satijipto Raharjo, Ilmu Hukum, Citra Aditya Bakti, Bandung, 2000,
Shidarta, Hukum Perlindungan Konsumen Indonesia, Penerbit Grasindo, Jakarta, 2000,
Sugandi, T. Vademikum Polisi Lalu Lintas. Markas Besar Polisi Lalu Lintas. Jakarta. 1999.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung. 2008.
Susanti Adi Nugroho, Proses Penyelesaian Sengketa Konsumen Ditinjau Dari Hukum Acara Serta Kendala Implementasinya, Prenada Media Group, Jakarta, 2008
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa UNES Journal of Swara Justisia (UJSJ) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di UNES Journal of Swara Justisia (UJSJ).