PELAKSANAAN SERTIFIKASI BAGI DOSEN DALAM RANGKA MEN1NGKATKAN K1NERJA DOSEN (Studi Pada Universitas Ekasakti)
Downloads
Salah satu program pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah peningkatan kualitas dosen melalui sertifikasi dosen. Melalui program sertifikasi dosen, akan terbentuk dosen profesional, yaitu dosen yang minimal telah memenuhi standar kualifikasi akademik dan kompetensi. Demikian halnya di Universitas Ekasakti, pelaksanaan program sertifikasi Dosen juga sudah berjalan yang dibagi dalam beberapa tahap, yaitu D1, D2, D3, D4 dan D5
Penelitian ini mG l‹kberatkan kepada tiga pokok permasalahar: Pertcma, Bagaimana pelaksanaan sertifikasi dosen di Universitas Ekasakti (UNES)? Kedua, Apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan sertifikasi Dosen di Universitas Ekasakti (UNES) dan upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang ada dalam pelaksanaan sertilikasi Dosen di Universitas Ekasakti (UNES)?
Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif didukung yuridis empiri..«. Teknik pengum.pu1an data yang digunakan a.dalah studi lapangan melalui wawancara untuk data primer dan studi kepustakaan untuk mencari data sekunder. Data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif dan diuraikan dalam bentuk deskriptif analisis.
Berdasarkan hasii penelitian diperoieh beberapa kesimpulan : Pertama, pelaksanaan sertifikasi dosen di Universitas Ekasakti (UNES) sudah beijalan dengan baik melalui tahap, yaitu DI, D2, D3, D4 dan D5. kedun, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan sertifikasi di Universitas Ekasakti (UNES) adalah minimnya sarana dan prasarana serta manajerial bidang pendidikan yang belum maksimal, faktor kemampuan personal Dosen yang relatif rendah, kurang mahir menggunakan dan mengikuti perkembangan teknologi informasi yang setiap saat makin berkembang, ciiharapkan untuk meningkatKan kemampuan di bidang teknologi, karena ke depan urusan apapun akan di program secara online.
Bakar, Usman Abu, Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Persfektif Pendidikan Islam, Surakarta: Fataba Press, 2014
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penielitian Pendikan, PT, Remaja Rosda Karyn Cetakan Keenam, 2010
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Propinsi Sebagai Daerah
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa UNES Journal of Swara Justisia (UJSJ) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di UNES Journal of Swara Justisia (UJSJ).